02 October 2014

HARI BATIK NASIONAL : Batik di Pandangan Mahasiswa Teknologi Pertanian

BY Unknown No comments


Tanggal  2  Oktober  memang  sudah  lewat.   Untuk   sebagian  orang,  rasanya  asing  jika mendengar pertanyaan, “ada hari penting apa di tanggal 2 Oktober?”.  Nah,  jawabannya  di tanggal 2 Oktober itu ada hari penting yang disebut dengan Hari Batik  Nasional.  Kemudian akan muncul pertanyaan lagi "Lah, kok bisa ada peringatan seperti itu ?" 

Semuanya dimulai lima tahun yang lalu tepatnya tanggal 2 Oktober 2009, pada tanggal tersebut United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau proses yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia untuk mendapat pengakuan refresentatif dari UNESCO soal batik  terbilang cukup lama. Diawali dengan proses nominasi Batik Indonesia ke UNESCO, 3 September 2008, pemerintah Indonesia harus menunggu lebih dari 4 bulan. UNESCO akhirnya menerima secara resmi pada 9 Januari 2009 untuk diproses lebih lanjut.

Sebelumnya, prahara terjadi berkaitan tentang batik. Lagi, Malaysia menjadi momok menjengkelkan bagi Indonesia dalam hal pengklaiman kebudayaan. Namun, pemerintah Indonesia langsung bereaksi atas kejadian itu. Mereka segera mendaftarkan Batik ke dalam jajaran daftar representatif budaya tak benda warisan manusia ke UNESCO.

Berapa bulan setelah diterima UNESCO, tahap selanjutnya yang ditempuh dalam proses pengakuan Batik ialah pengujian tertutup di Paris. UNESCO menggelar pengujian selama 4 hari, 11-14 Mei 2009.

Hal yang ditunggu-tunggu pun tiba. Rabu, 2 Oktober 2009, jadi puncak penantian Indonesia. UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representative Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kemudian sejak saat itu tanggal 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Pada tanggal tersebut, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik. Begitu juga yang dilakukan oleh civitas akademika Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada pada hari ini. Mayoritas dari mereka baik dosen, karyawan, atau mahasiswa menggunakan batik untuk berkegiatan. Batik yang digunakan pun beragam dan tidak sebatas batik Jogja ataupun Jawa. Ada yang menggunakan batik Sumatra, Kalimantan, sampai Papua. Hal ini menunjukkan bahwa rasa kepedulian civitas akademika FTP terhadap batik sebagai warisan Indonesia bagi dunia sangat tinggi. Mereka yang tidak memakai batik pun mengaku jika batik mereka tidak kotor karena telah dipakai di hari sebelumnya, mereka juga pasti mengenakan batik.

Kami juga sempat mewawancarai salah satu mahasiswa TP yang pada hari batik ini terlihat sangat partisipatif untuk menyambutnya. Namanya adalah Zeus Agung P.S atau lebih sering dipanggil Usa dari jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIP) angkatan 2014. Berikut hasil wawancara kami dengan Usa (R : Redaktur ; Z : Zeus)

R : Menurut Zeus, apa itu arti batik Indonesia dan Hari Batik Nasional ?
Z : Menurut saya batik itu adalah budaya warisan Indonesia yang telah berubah dari trend tradisional (kuno) menjadi modern dan mulai digemari oleh anak muda.

R : Bagaimana cara Zeus untuk memperingati Hari Batik Nasional ini ?
Z : Mengenakan batik dan melestarikan batik sesuai bidang keilmuan TIP. Contohnya adalah membuat desain kemasan produk yang bercorak batik hehehe

R : Lha terus kenapa sekarang tidak mengenakan batik ?
Z : Soalnya baju batik saya masih kotor dan masih di tempat laundry hahaha

Kemudian inilah beberapa gambar suasana FTP yang serba batik pada saat memperingati Hari Batik Nasional tahun 2014.

lobby lantai 1 gedung baru

ruang kelas TIP genap 2014

selasar FTP

kantin FTP

Kemudian sebagai bonus, inilah wajah dari narasumber kita yaitu Zeus Agung P.S (TIP 2014)
:D

Bagaimana ? Sudah tahu kan di tanggal 2 Oktober itu ada apa ? Lalu sudah tahu juga kan kenapa kita sebagai anak muda harus bangga dan melestarikan batik Indonesia ? Maka dari itu, mari kita jaga budaya Indonesia yang luhur ini dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang berusaha merebutnya dari Indonesia. 

Salam AGRITA :)



0 komentar:

Post a Comment