23 April 2016

[Hari Buku Sedunia] Kenapa tanggal 23 April?

BY Unknown No comments


Selamat Hari Buku Sedunia 2016, Sobat AGRITA!

Kalian tahu nggak sih kenapa hari buku sedunia itu dipilih dirayakan setiap tanggal 23 April? 
Ternyata ada sejarahnya lho, Sobat.

Hubungan antara tanggal 23 April dan buku pertama kali dibuat pada tahun 1923 oleh penjual buku di Spanyol, tepatnya di kota Catalonia, sebagai cara untuk menghormati penulis Miguel de carvantes yang meninggal pada tanggal tersebut.

Awalnya, tanggal 23 April merupakan Hari Saint George di wilayah Catalonia (sejak abad pertengahan) dimana para pria akan memberikan bunga mawar kepada kekasihnya. Akan tetapi, pada tahun 1923 para penjual buku di Catalonia mulai  mempengaruhi tradisi tersebut. Sejak tahun 1925, para perempuan  akan memberikan sebuah buku sebagai ganti mawar yang diterimanya.

Nah, di tahun 1995 melalui Konferensi Umum di Paris UNESCO menetapkan bahwa World Book Day dan Copyright Day dirayakan setiap tanggal 23 April karena bertepatan pula dengan hari ulang tahun dan kematian William Shakespeare, kematian Miguel de Cervantes, Inca Garcilaso de la Vega dan Josep Pla serta kelahiran dari Maurice Druon, Vladimir Nabokov, Manuel Mejía Vallejo dan Halldór Laxness. Tujuan dari penetapan World Book Day dan Copyright Day ini adalah untuk mempromosikan budaya membaca, penerbitan, dan hak cipta.

Memang, awalnya ada beberapa pihak yang berbeda pendapat mengenai tanggal kematian Shakespeare dan Cervantes ini sebab pada saat itu Inggris dan Catalonia menggunakan sistem kalender yang berbeda. Pada saat itu Inggris menggunakan kalender Julian sedangkan Catalonia menggunakan kalender Gregorian. Namun, telah dipastikan bahwa Miguel meninggal dan dimakamkan pada 23 April dan William Shakespeare juga meninggal dunia pada tanggal tersebut.

Gimana Sobat? Sekarang udah tahu kan sejarah dari hari buku sedunia itu seperti apa?
Karena kalian sekarang udah tahu, yuk mulai dari sekarang semakin kita hargai mereka dengan cara banyak membaca buku :)

#JagaBudayadenganMembaca #YukMembaca #SalamAksara #SalamAGRITA

Dari berbagai sumber
[Arum]

0 komentar:

Post a Comment